Selasa, 12 Oktober 2010

Nama : Isnaini Nur Azizah
NIM : 108017000034
Program Study : Pengembangan Profesi Pendidik
Small paper : I

Sejalan dengan visi pendidikan nasional depdiknas berhasrat untuk pada tahun 2025 menghasilkan Insan Indonesia Cerdas dan Kompetitif (insan kamil/insan paripurna).
Yang dimaksud insan Indonesia cerdas adalah insan-insan yang cerdas secara komprehensif, yang meliputi cerdas secara spiritual, emosional, social, intelektual dan kinestetis. Sedangkan makna insan yang kompetitif adalah berkepribadian unggul dan mempunyai banyak keunggulan, bersemangat juang tinggi, mandiri, pantang menyerah, pembangun dan bersahabat dengan perubahan, inovatif, menjadi agen perubahan, produktif, sadar mutu, berorientasi global, pembelajar sepanjang hayat.
Untuk mewujudkan insan Indonesia cerdas dan kompetitif perlu dianalisis tentang permasalahan pendidikan secara mikro dan makro diantaranya minimnya kualitas pendidikan dan krisis visi atau arah pendidikan yang sesuai secara hakiki dengan tujuan pendidikan itu sendiri
Sebagai salah satu akibat dari permasalahan tersebut menjadikan praktek pendidikan disekolah menjadi aksi yang parsial dikotomis misalnya sekolah hanya berorientasi pada nilai akademis semata padahal seharusnya pendidikan menjadi holistik integralistik (menyeluruh terpadu) karena pendidikan adalah proses pembangunan manusia seutuhnya.
Agar pendidikan menjadi efektif dan berkualitas maka sekolah harus memiliki visi dan arah pendidikan yang benar dan semua aktivitas pendidikan harus memperhatikan visi dan arah pendidikan yang telah di canangkan sehingga sekecil apapun upaya yang dilakukan akan mampu mendekatkan pada pencapaian tujuan pendidikan yang benar tidak hanya mengejar fatamorgana.
Dengan upaya tersebut diharapkan visi pendidikan nasional untuk tahun 2025 yakni menjadikan insan Indonesia cerdas dan kompetitif dapat terwujud tidak hanya angan-angan belaka.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar